Senin, 28 Maret 2011

Western Digital Menembus 3TB

3597 01 Western Digital Menembus 3TB
3TB Green!

Media penyimpanan terus berkembang, para pemilik teknologi media penyimpanan terus berinovasi, manusia juga terus berinovasi yang melahirkan akan kebutuhan media penyimpanan yang lebih besar, kali ini Western Digital telah mencapai teknologi baru dimana mereka mampu membuat disk dengan kapasitas 750GB per platter yang tentu saja akan menyebabkan peningkatan akan teknologi media penyimpanan saat ini.
Pada dasarnya secara teoritis 750GB per platter bukanlah hal yang sangat menarik dalam dunia media penyimpanan namun jika anda menggabungkanya dalam 1 maka anda dapat mencapai kapasitas 3TB dengan biaya lebih kecil dari 200 USD.  Kali ini Western Digital telah mengeluarkan 2 produk terbaru mereka yaitu, 2.5 dan juga 3TB. Untuk drive kapasitas 3TB telah menjadi banyak perhatian saat ini karena ini adalah termasuk drive memiliki kapasitas terbesar yang ada saat ini. Rumornya juga Seagate akan melaunch 3TB HDD, dengan menggunakan 5 platter, namun Western Digital kali ini dapat melakukanya dengan hanya menggunakan 4 platter. Tentu saja ada keuntungan dari jumlah platter yang sedikit ini, misalnya saja: biaya produksi material, panas yang lebih rendah,  konsumsi energi yang lebih rendah yang intinya platter yang lebih sedikit memiliki reliability yang lebih tinggi.
Memiliki harddisk dengan kapasitas 3TB dalam ukuran 3.5” kali ini tidak akan bersahabat dengan pengguna XP  karena arsitektur xp hanya mampu mendukung harddrive dengan kapasitas maksimum 2.19TB. Sedangkan pengguna 32-bit user Vista dan juga dapat menggunakan 2.19TB sebagai secondary drive (dengan kata lain, tidak dapat melakukan boot pada OS). Untuk detailnya anda dapat perbesar gambar ini:

3597 02 full 500x317 Western Digital Menembus 3TB
Batasan maksimum OS untuk menampung harddisk

Untuk pengguna 64-bit anda dapat menggunakan drive yang lebih besar dari 2.19TB HDD, namun itu saja belum cukup, anda memerlukan yang mensuport UEFI untuk mendeteksinya. Mungkin nantinya orang akan banyak menggunakan solusi melakukan boot dengan drive yang lebih cepat misalnya dengan menggunakan VelociRaptor ataupun dan menggunakan 3TB drive ini untuk media penyimpanan.
Spesifikasi Detail dari disk ini:

3597 03 488x500 Western Digital Menembus 3TB
Spesifikasi 3TB WD

0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket

Join Us !

 
Design by Robby Andrean | Kaskuser robbie.us - Regional Samarinda, KALTIM PUSAMANIA | Copyright © 2011 INDONESIA BLOGGER