Sabtu, 26 Maret 2011

ISTILAH-ISTILAH DASAR INTERNET


ISTILAH-ISTILAH DASAR INTERNET

Browser / Web Browser       :
Browser adalah program yang digunakan untuk mengakses internet. Contohnya adalah program Internet Explorer dan Netscape Navigator.

HTML            :
HTML adalah singkatan dari Hyper Text Mark-up Language, adalah kode-kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Setiap halaman web di sebuah website terdiri dari sebuah file HTML ( .htm ). Kita membutuhkan browser untuk menampilkan file HTML tersebut.

Server             :
Server adalah merupakan komputer yang memberikan layanan kepada komputer lain ( komputer Client ). Karena berfungsi memberi layanan, pekerjaan yang harus dilakukan oleh server sangat banyak. Oleh sebab itu, komputer server biasanya mempunyai kemampuan yang lebih handal dibandingkan dengan komputer yang digunakan sebagai client. Di Internet, komputer server berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen-dokumen web dari website tertentu. Komputer tersebut melayani komputer yang mengakses website yang disimpannya.

Client              :
Komputer Client adalah komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan. Komputer client mempunyai kemampuan yang lebih rendah dibandingkan dengan komputer server.

Bandwidth     :
Adalah merupakan ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk mentransfer data dalam jangka waktu tertentu. Satuan untuk Bandwidth adalah megabit per second ( Mbps ) atau kilobit per second ( kbps ).

Search Engine           :
Adalah merupakan program di website tertentu yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet.

URL ( Uniform Resource Locator ) :
Adalah merupakan sistem pemberian nama alamat website.

Website           :
Website adalah merupakan kumpulan dari halaman-halaman web yang saling terkait. Biasa juga disebut dengan nama situs, situs web, site, atau portal.

Homepage      :
Halaman web pertama yang terdapat pada sebuah web disebut Homepage. Biasanya, homepage berisi dengan ucapan selamat datang, beberapa ringkasan isi website dan beberapa link ke bagian penting lain dari website tersebut.

Web Page      
Web Page merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu kepada sebuah halaman web. Sebuah web page merupakan sebuah file HTML ( .htm ).

Hypertext Link ( Hyperlink ) atau Link    :
Adalah sebuah teks, gambar, atau tombol di halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file-file lain. Link pada halaman web akan mempunyai tanda dan warna yang berbeda. Biasanya, teks mempunyai garis bawah. Untuk mengetahui sebuah teks merupakan sebuah link atau bukan, dapat kita lakukan dengan cara mendekatkan pointer mouse ke teks tersebut. Jika tanda pointer mouse berubah, maka teks tersebut merupakan link.



ISP ( Internet Service Provider )    :
ISP berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi ke internet. Jika kita ingin komputer kita terhubung ke internet, kita harus menghubungkan komputer kita ke sebuah ISP.

Program Dial –Up    :
Program Dial-Up adalah program yang terdapat di komputer yang berfungsi untuk mengontrol modem, dan mengatur hubungan antara komputer dengan pemberi jasa layanan internet ( ISP ).

Off-line           :
Adalah kondisi yang mana koneksi komputer kita ke internet dalam keadaan terputus.

On-line            :
Adalah kondisi yang mana koneksi komputer kita ke internet dalam keadaan tersambung.

Login              :
Beberapa halaman web di internet hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas. Proses pengecekan otoritas ini dilakukan dengan cara memasukkan User-ID dan Password. Proses pemasukkan user ID dan password ini disebut dengan login. Contoh proses login adalah ketika kita memasukkan user ID dan password pada saat kita ingin membuka kotak surat e-mail kita.

Logout            :
Logout adalah kebalikan dari login. Logout adalah proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas. Logout dilakukan dengan menekan tombol atau teks link logout yang biasanya terdapat di halaman web. Logout diperlukan agar orang lain tidak dapat mengakses halaman tersebut.

Protokol         :
Adalah merupakan aturan-aturan yang ada untuk melakukan tugas tertentu. Misalnya, di internet ada protokol untuk mengirimkan pesan ke komputer lain, ada protokol untuk mengirimkan e-mail, dan sebagainya.

HTTP ( Hyper Text Transfer Protocol )   :
Adalah protokol yang digunakan untuk mempertukarkan informasi di internet. Komputer kita menerima file-file HTML dari sebuah server di internet dengan menggunakan protokol HTTP.

POP ( Post Office Protocol )     :       
POP adalah protokol yang digunakan untuk mengambil e-mail yang disimpan di server di internet atau sebuah ISP.

Download       :
Adalah proses pengambilan file dari sebuah komputer server di internet ke komputer yang kita gunakan ( client ) .

Upload            :
Proses penempatan file dari komputer kita ke sebuah komputer server di internet.

Freeware        :
Program yang ditempatkan di internet dan dibagikan secara gratis.

Shareware      :
Adalah merupakan program komputer di internet yang dapat kita download dan kita gunakan dalam jangka waktu tertentu. Program komputer jenis ini biasanya hanya dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu. Jika kita ingin menggunakannya terus, kita harus membelinya dengan cara membayar biaya pendaftarannya.




GIF ( Graphical Interchange Format )     :
GIF merupakan suatu format file gambar. GIF mempunyai ukuran file yang kecil, sehingga banyak digunakan sebagai format gambar yang ada di internet. GIF digunakan untuk gambar dengan warna yang lebih sedikit, misalnya logo organisasi, gambar grafik, dsb.

JPEG ( Joint Photographic Experts Group )
Sama halnya dengan GIF, hanya saja JPEG mempunyai warna yang lebih banyak dibandingkan dengan GIF. JPEG biasanya digunakan untuk menampilkan gambar-gambar yang membutuhkan warna yang lebih banyak, seperti foto.

SPAM             :
SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan, seperti e-mail yang tidak penting, e-mail berantai, iklan,dsb.

Gateway  :
Merupakan perangkat yang berfungsi sebagai mediasi antara dua jaringan dengan tipe yang berbeda.



Beberapa contoh pemanfaatan teknologi terbaru untuk melakukan Akses Internet

1.      WiMAX ( Worldwide Interoperability for Microwave Access )
Sebuah tekhnologi paling baru termasuk dalam kategori 4G ( Generasi Keempat ) saat ini masih merupakan wacana untuk digunakan di Indonesia. Teknologi ini diklaim mampu memiliki kecepatan akses sampai dengan 100Mbps. WiMAX merupakan jaringan nirkabel yang memungkinkan kita untuk mengambil data dalam komputer atau peranti digital di rumah dari jarak 1 kilometer dengan mudah melalui Telepon Seluler yang berteknologi WiMAX .

2.      Wi-Fi ( Wireless Fidelity )
Memiliki kecepatan yang sangat tinggi sampai dengan 100Mb/s. Wi-Fi ditemukan pada tahun 1991 oleh Vic Hayes ( Belanda ), yang akhirnya disebut “ Bapak Wi-Fi “.

3.      HSDPA ( High Speed Data )
Merupakan layanan koneksi internet kecepatan tinggi yang dikenalkan oleh operator seluler Indosat. Sayangnya hanya dapat digunakan di kota-kota besar saja. Memiliki kecepatan sampai dengan 10Mbps.

4.      ADSL ( Asymetric Digital Subscriber Line )
Digunakan oleh Telkom dengan layanan Speedy. Pada layanan ini, jaringan akses internet telepon ditingkatkan kemampuannya menjadi jaringan digital, sehingga selain mendapatkan fasilitas telepon ( voice ), pelanggan juga dapat melakukan akses internet (dedicated) dengan kecepatan (downstream) yang tinggi (s/d 512 Kbps)

5.      CDMA ( Code Division Multiple Access )
Memiliki kecepatan akses internet sampai dengan dua kalinya kecepatan GPRS. Bahkan melalui jaringan EVDO kecepatan koneksi internet digenjot sampai dengan 2,4 Mbps

6.      3G ( Third Generations / Generasi Ketiga )
Merupakan layanan koneksi internet kecepatan tinggi yang diperkenalkan oleh operator seluler Pro-XL dan Telkomsel. Sudah menjangkau hampir seluruh kota di Indonesia. Kecepatan 3G sampai saat ini masih di bawah 512 kbps.

7.      GPRS ( General Packet Radio Services )
Adalah layanan komunikasi pada handphone GSM ( Global System for Mobile communica - tion ) yang menjanjikan kecepatan 56-114 kbps, sehingga dapat digunakan untuk akses internet biasa sampai multimedia bagi komputer, notebook dan handheld ( handphone/PDA ). GPRS secara teori lebih murah daripada sambungan telepon seluler, karena kanal yang dipakai dibagi secara bersama-sama oleh sejumlah pengguna.

8.        Web Browser
Adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengakses internet. Jenis-jenis web browser antara lain : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Opera Mini (untuk HP), Google Chrome, Netscape Navigator, dan masih banyak lagi.



Hub
Hub adalah sebuah alat yang digunakan untuk meneruskan dan memperkuat sinyal transmisi data. Hub berperan sebagai pusat lalulintas data. Hub tidak bisa mengirimkan data ke alamat yang dituju, data akan dikirimkan ke seluruh port jaringan, alamat pengiriman data dicek oleh NIC, jika benar akan diterima jika salah akan diteruskan ke komputer lain. Hub cara kerjanya ibarat sebuah terminal bus tempat berkumpulnya bus-bus di seluruh kota.
Ada 4 macam jenis Hub, yaitu :
Ø  Pasif Hub ; adalah Hub yang hanya menghubungkan komputer yang menggunakan kabel UTP.
Ø  Active Hub ; adalah jenis Hub yang dapat memperkuat paket jaringan untuk memungkinkan pencapaian jarak yang lebih jauh.
Ø  Managed / Intelegent Hub ; adalah jenis Hub yang memiliki software yang dapat mengelola transmisi jaringan dan menghindari tabrakan (collision) antar paket data, dan mampu meningkatkan kerja dari jaringan itu sendiri.
Ø  Stackable Hub ; jenis Hub yang ditumpuk, yaitu terdapatnya konektifitas uplink kecepatan tinggi untuk membawa paket jaringan dari satu hub ke hub yang lain, dan kemampuan bekerja untuk memperkuat sinyal jaringan.

Switch
Switch berperan sama seperti Hub, perbedaannya Switch dapat mengenali alamat tujuan dari data, sehingga data akan langsung dikirimkan ke port tujuan. Switch adalah pusat konsentrasi semua kabel dari komputer workstation, yang berfungsi untuk mengatur komunikasi data pada jaringan komputer. Kelebihan Switch dibanding dengan Hub , yaitu :
  • Switch mampu mengatur lebih dari satu transfer data pada saat bersamaan.
  • Mampu memfilter paket data yang dikirimkan.
  • Software akan langsung mengirim paket data langsung ke port komputer yang dituju, sehingga jalur komputer pada paket data seolah-olah ada.
  • Tidak adanya tabrakan ( collision ) dalam penggunaan jalur data.

Gateway
Merupakan perangkat yang berfungsi sebagai mediasi antara dua jaringan dengan tipe yang berbeda.

Komputer, berdasarkan pada data yang diolahnya dapat dibagi atas 3 jenis, yaitu :
      Komputer Analog ; digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinyu dan paralel, dan biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya : Komputer yang digunakan  untuk mengukur suhu, kecepatan suara, voltage listrik, dll.
      Komputer Digital ; komputer yang digunakan untuk mengelola data kuantitatif ( huruf , angka, kombinasi huruf dan angka, karakter- karakter, dan biasanya memerlukan bahasa perantara. Contoh Komputer PC.
      Komputer Hybrid  ; ini merupakan komunikasi antara komputer analog dengan digital. Contoh : Facsimile

Mode pengiriman data terdiri dari 3 macam pengiriman :
  • Simplex, terjadi komunikasi satu arah antara sumber dengan penerima.
  • Half Duplex, terjadi komunikasi dua arah antara sumber dengan penerima secara bergantian.
  • Full Duplex, terjadi komunikasi dua arah antara sumber dengan penerima secara bersamaan.


Teknik Komunikasi Data ada dua macam, yaitu :
  1. Teknik Komunikasi Baseband, yaitu merupakan teknik pengiriman data berbentuk pulsa, yang dikirim melalui media pengiriman berupa kabel.
  2. Teknik Komunikasi Broadband, merupakan teknik pengiriman data dalam bentuk sinyal analog, dan dikirim melalui media dalam bentuk gelombang elektromagnetik.



Fasilitas yang bisa kita dapatkan dari internet antara lain :

1.      Finger                          :  Utilitas dari UNIX yang bertugas melaporkan informasi mengenai pengguna lain yang memiliki account UNIX. Finger berupa aplikasi yang menampilkan informasi tentang pengguna tertentu atau semua pengguna yang sedang login pada local system atau pada remote system. Yang ditampilkan biasanya nama panjang pengguna, waktu login terakhir, waktu idle, terminal line, dan lokasi terminal.

2.      Idle                              :  Durasi waktu disaat sebuah piranti dalam keadaan statis. Dengan kata lain piranti itu hidup atau aktif, tetapi tidak dapat dipakai untuk bekerja.

3.       ICQ                            :  Berasal dari kata ” I Seek You ”. Adalah aplikasi yang digunakan untuk chatting dengan pertukaran file dan pengiriman SMS.

4.      Mailing List                 :  Sebuah forum diskusi di internet dengan menggunakan  e-mail. Satu pesan dari seorang anggota akan diterima oleh semua anggota.



DOMAIN NAME SERVICE

Secara garis besar pembagian domain dunia memakai dua jenis.
Yang pertama berdasarkan jenis institusi, antara lain :
  1. .com untuk organisasi komersial.
  2. .org untuk organisasi non-komersial.
  3. .edu institusi pendidikan.
  4. .gov untuk organisasi pemerintahan
  5. .mil kalangan militer.
  6. .net penyeleggara jasa internet.

Yang kedua adalah berdasarkan negara, misalnya Indonesia adalah .id. Sebenarnya domain negara akan dibagi lagi menjadi sub-domain berdasarkan jenis institusi. Kita ambil contoh di negara kita, domain .id dibagi lagi menjadi sub-domain, antara lain :
  1. .co.id , contohnya : republika.co.id
  2. .ac.id , contohnya : itb.ac.id
  3. .or.id , contohnya : linux.or.id
  4. .go.id , contohnya : depnaker.go.id
  5. .mil.id , contohnya : kopassus.mil.id




Search Engine adalah mesin pencari yang digunakan untuk mencari informasi yang ada pada jaringan internet

Contoh-contoh Search Engine diantaranya :
www.yahoo.com , www.google.com , www.catcha.co.id , www.hotbot.com , www.incari.com , www.excite.com , www.searchindonesia.com , www.looksmart.com , www.naver.co.id , www.altavista.com .




E-Mail ( Electronic Mail ) yaitu merupakan fasilitas yang ada di internet yang digunakan untuk mengirim surat secara elektronik ke seluruh dunia.
E-mail dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu :
1.   E-Mail gratisan ( free mail ), seperti yahoo.com, hotmail.com, eudoramail.com, plaza.com, lovemail.com, dll.
2.   E-Mail yang berlangganan melalui ISP, seperti indonet.com, wasantara.com, elganet.com, dll.

Kelebihan dari Email antara lain :
-          Tanggapan informasi lebih cepat
-          Dapat melakukan komunikasi jarak jauh
-          Dapat menjangkau area yang lebih luas.
-          Dapat menjembatani masalah perbedaan waktu
-          Menyediakan pengaturan pengubahan protokol

Kemampuan Email, antara lain :
-          Kemampuan dalam pembuatan pesan
Email dapat membuat dokumen dan membuat jawabannya secara otomaris, dengan menyimpan alamat pengirim dari pesan yang dikirim.

-          Kemampuan dalam pengiriman pesan
Pengiriman pesan ke alamat yang dituju dapat dipilih, baik untuk perorangan atau untuk sekelompok orang. Email dapat dilakukan tanpa mengganggu kegiatan pemakai komputer.

-          Kemampuan membuat pelaporan
Email akan melaporkan keadaan pesan yang dikirimnya kepada pengirim. Apakah data yang dikirimnya sudah sampai ke alamatvtujuan dengan benar, hilang atau ditolak, kejadian seperti itu dapat diperlihatkan dalam pelaporan pada Email.

-          Kemampuan pengubahan pesan dan format tampilan
Dalam penggunaan peralatan, baik oleh si pengirim maupun si penerima bisa saja berbeda, misalnya si pengirim dalam mengirim Email menggunakan komputer, tetapi diterima oleh si penerima melalui faximile.

-          Kemampuan dalam pengaturan
Setelah pesan dikirim dan diterima, pesan tersebut dapat langsung dibaca atau dihapus atau disimpan untuk dibaca ulang atau dicetak.

0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket

Join Us !

 
Design by Robby Andrean | Kaskuser robbie.us - Regional Samarinda, KALTIM PUSAMANIA | Copyright © 2011 INDONESIA BLOGGER