Kamis, 24 Maret 2011

Cara Membuat Kabel UTP Cross untuk LAN

Kalian mungkin nantinya akan diajari bagaimana cara membuat kabel UTP cross untuk jaringan LAN. Maka dari itu saya akan memberikan sedikit tips mengenai cara pembuatan kabel cross UTP ini. Kabel cross digunakan untuk menghubungkan dua buah komputer/PC/laptop. Kalian mungkin sudah mempelajarinya dalam Packet Tracer saat mempelajari simulasi jaringan dengan Packet Tracer. Saat membuat kabel UTP cross, kalian membutuhkan sebuah kabel UTP dengan panjang minimal 1 meter, minimal 2 buah konektor RJ-45, crimping, dan tester untuk menguji keberhasilan kalian membuat kabel.

Saya sarankan agar kalian setidaknya memiliki 4 buah konektor RJ-45 dan kabel dengan panjang minimal 1 meter. Kenapa? Jika kalian mengalami kegagalan saat membuat kabel UTP cross pertama kalian, kalian tentu perlu konektor baru lagi, karena yang gagal tidak bisa dipakai lagi. Serta kabel tidak menjadi terlalu pendek ketika kita memotong kabel lagi saat mengalami kegagalan.


Warna kabel standar yang biasa diatur saat membuat kabel UTP cross adalah sebagai berikut:

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat kabel cross adalah perbedaan warna kabel pada kedua ujung kabel. Pada gambar diatas kalian melihat terdapat dua buah contoh warna kabel TIA/EIA 568A Wiring dan TIA/EIA 578B Wiring. Pada ujung A kalian dapat melihat aturan warna standar dari kabel warna 1 sampai 8. Kemudian pada ujung B, kabel 1 pada ujung A bertukar posisi dengan kabel 3, dan kabel 2 bertukar posisi dengan kabel 6.

Sedikit tips yang dapat saya berikan, saat membuat kabel pada ujung pertama, kalian tidak harus terpaku pada kabel dengan warna seperti gambar diatas. Kalian dapat membuat kabel dengan warna bebas terserah kalian. Tapi ingatlah, saat membuat kabel pada ujung yang kedua, kalian hanya perlu menukar posisi antara kabel 1 ke 3 dan kabel 2 ke 6.

Untuk membuatnya, kupas kedua ujung kabel UTP, setelah dikupas maka akan terlihat lagi delapan kabel dengan warna berbeda. Kalian dapat melihat contohnya pada gambar dibawah ini:
Setelah itu, kalian dapat langsung memasukkan kabel tersebut kedalam konektor RJ-45 atau kalian dapat mengatur warnanya sesuai keinginan kalian atau seperti pada gambar standar warna diatas. Tapi ingatlah hubungan antara kabel 1 - 3 dan 2 - 6.
Konektor RJ-45:
Jika sudah memasukkan kedelapan kabel, gunakan crimping untuk mematenkan kabel, agar kabel tidak bisa lepas lagi dari konektor dan tembaga yang terdapat dalam konektor menyentuh tembaga pada kabel.
Crimping:
Jika kedua ujung kabel sudah dipasang konetor RJ-45, test kabel dengan crimping. Apakah kabel dapat berfungsi atau tidak.
Cable Tester:
Sekian tips dan trik yang dapat saya berikan untuk kalian semua.

0 komentar:

Posting Komentar

Join Us !

 
Design by Robby Andrean | Kaskuser robbie.us - Regional Samarinda, KALTIM PUSAMANIA | Copyright © 2011 INDONESIA BLOGGER