Mengirim fax sampai pesan pager sudah bisa dilakukan melalui Internet. Akan tetapi jika Anda kemudian tidak bisa melakukannya, apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasinya? Di sini disediakan pertolongan pertama pada masalah koneksi ke Internet, terutama untuk Anda yang masih menggunakan software generasi "agak lama."
Untuk Trumpet Winsock
1. Tidak dapat mengetikkan atdt
Apabila tidak dapat diketikkan atdt pada saat Anda menggunakan Trumpet Winsock dengan manual login, Anda harus melakukan langkah berikut:
a. Pastikan modem sudah menyala, kabel modem ke komputer sudah terpasang dengan baik, dan kabel line telepon sudah dipasang ke line modem.
b. Periksa apakah port modem sudah sesuai dengan setting modem di Trumpet Winsock. Caranya, periksa pada Trumpet Winsock dengan cara membuka File kemudian Setup dan lihat pada slip port-nya. Isi slip port harus sama dengan lokasi com port modem terhubung.
c. Mengganti setting baud rate di Trumpet Winsock dengan baud rate yang sesuai dengan modem Anda. Buka Setup Trumpet Winsock dan lihat pada baud rate, isi baud rate dengan baud rate modem yang digunakan, misalnya: 19200, 38400, dst (Gambar 1).
d. Apabila masih belum bisa diketik, periksa apakah ada program komunikasi lain (atau program fax) yang sedang aktif dan menggunakan port modem Anda. Kalau ada, Anda harus menutup program tersebut atau mengganti port-nya.
- Unable to load TCP
Apabila mendapatkan pesan "Unable to load TCP" ketika menggunakan Trumpet Winsock, berarti port modem Anda tidak sesuai dengan setting port modem di Trumpet Winsock. Untuk mengatasinya, lakukan langkah berikut:
a. Pilih File-Setup, kemudian ganti angka pada bagian slip port sesuai dengan port modem Anda (Gambar 1).
b. Klik OK, lalu klik OK kembali pada saat muncul tulisan 'You need to restart Trumpet Winsock'. Hal ini berarti Anda harus merestart Trumpet Winsock.
c. Pilih File-Exit, kemudian panggil kembali Trumpet Winsock.
- No Dialtone
Pesan ' No Dialtone' berarti modem Anda tidak mendapat nada panggil dari telepon. Untuk mengatasinya, lakukan hal berikut:
a. Periksa apakah kabel telepon sudah terpasang pada bagian line (bukan pada bagian phone) di modem Anda.
b. Pastikan saluran telepon tersebut tidak sedang digunakan.
- Modem is not responding.
Atasi pesan ini dengan langkah-langkah berikut:
a. Periksa apakah modem sudah menyala/siap digunakan.
b. Periksa apakah modem dan kabel modem tidak rusak.
- Busy
Pesan ini berarti line telepon ISP (Internet Service Provider) yang Anda hubungi sedang sibuk; Anda bisa menghubungi ISP Anda beberapa saat lagi.
- No carrier
Artinya hubungan Anda ke ISP terputus. Untuk mengatasinya lakukan langkah berikut:
- Turunkan baud rate. Biasanya putusnya hubungan ini disebabkan line telepon Anda kurang bagus. Untuk menurunkan baudrate, buka File, kemudian Setup, dan ubah baud rate-nya (Gambar 1).
- Login incorrect or wrong password atau to many bad login
Pesan ini berarti Anda salah menuliskan username atau password. Untuk mengatasinya ketikkan username dan password Anda dengan benar, perhatikan huruf besar maupun huruf kecilnya. Apabila pesan ini tetap muncul, segera hubungi customer service ISP Anda atau supervisor ISP Anda.
- Rejected user id and Password.
Apabila Anda mendapat pesan ini, lakukan langkah berikut:
- Pilih File, kemudian ppp option. Bagian ini jangan diisi dan jangan disilang pada bagian use password authentication protocol (Gambar 2).
- Tidak mendapat IP address.
Apabila Anda tidak mendapat IP address pada saat login, lakukan langkah-langkah berikut:
a. Pilih File-Setup, kemudian isi IP address dengan IP address ISP Anda (untuk mengetahuinya lihat di buku panduan dari ISP Anda, atau hubungi customer service ISP Anda).
b. Klik OK, lalu klik kembali OK pada saat muncul tulisan ' you will need to restart Trumpet Winsock for the network setup to take effect '.
c. Tekan Esc-Dialer-Bye.
d. Pilih File-Exit
e. Coba masuk kembali ke Trumpet Winsock.
- Keluar karakter-karakter/tulisan-tulisan aneh setelah pesan My IP Address.
Apabila muncul tulisan atau karakter-karakter aneh setelah tulisan My IP Address, akukan langkah-langkah berikut:
- Pilih trace, kemudian hilangkan tanda ?? di depan pilihan pada bagian ini, (Gambar 3).
- You are already login
a. Account Anda sedang digunakan oleh seseorang yang mengetahui username dan password Anda. Untuk mencegahnya, gunakan password yang tidak mudah ditebak, sebaiknya bukan tanggal lahir, nama keluarga, atau hobi.
b. Anda baru melakukan koneksi ke Internet, kemudian Anda terputus tetapi sistem di ISP Anda masih menganggap atau mencatat bahwa Anda masih terhubung.
Untuk mengatasinya, hubungi customer service ISP Anda atau langsung telepon ke supervisor ISP Anda.
Catatan: Apabila Anda menggunakan dial-up network, atau jenis yang lain yang serupa dengan Trumpet Winsock, metode troubleshooting-nya hampir sama dengan metode Trumpet Winsock. Apabila Anda menggunakan dial-up networking dari Windows 95 (Gambar 4) atau Trumpet Winsock ver. 32-bit, setting IP address-nya harus benar, dan perhatikan juga beberapa persyaratan dari ISP Anda. Untuk melakukan setting IP address, kliklah Start pada Taskbar, kemudian Setting, Control Panel, lalu pilihlah Network. Pada kotak dialog Network, pilih TCP/IP, lalu properties dari TCP/IP, kemudian ubah setting dari IP address dan beberapa persyaratan lain (Gambar 5).
Untuk Eudora
1. Ssst I said wrong
Apabila Anda mendapat pesan ini (Gambar 9), Anda telah salah memasukkan password. Untuk mengatasinya, pastikan password yang Anda masukkan sudah benar, dan sebelumnya periksa apakah POP account sudah terisi dengan benar. Untuk Eudora 1.5.2, pilih setting pada menu Spesial, kemudian pilih Getting Started dan periksa apakah isi dari pop account Anda sudah benar (Gambar 6). Untuk Eudora 1.4.4, pada menu Special pilih Configuration, kemudian periksa apakah isi pop account Anda sudah benar (Gambar 7). Pada Eudora 2.2 (32- bit), Anda harus memilih menu Tools, Options, lalu periksa apakah isi dari pop account Anda sudah benar (Gambar 8).
2. Error cause Connection time out.
Apabila Anda mendapat pesan ini, lakukan langkah-langkah pengujian berikut:
a. Periksa apakah hubungan telepon tidak terputus. Pada modem eksternal ini bisa dilihat dari banyaknya lampu modem yang menyala; bila hanya dua lampu yang menyala berarti telepon Anda putus.
b. Periksa apakah ketika Anda melakukan koneksi ke Internet menggunakan Trumpet Winsock, Anda mendapatkan IP address. Hal ini ditandai dengan munculnya tulisan ' My IP Address .......... '
c. Perbesar waktu time out di Eudora dengan cara memilih menu Special, kemudian setting, advance network, dan isikan time out dengan angka yang lebih besar (misalnya: 180 detik).
3. POP Mail Lock Busy.
Pesan ini muncul bila ketika Anda mengambil surat kemudian terputus, tetapi sistem di ISP Anda mengira Anda belum terputus. Untuk mengatasi hal ini Anda harus mencobanya beberapa saat lagi. Bila masih mengalaminya, hubungi ISP Anda.
4. Error cause Eudora need rcpn.
Hal ini berarti di antara surat yang akan Anda kirimkan terdapat surat tanpa alamat tujuan. Untuk mengatasinya, periksa kembali e-mail address yang dituju.
5. Error getting network address for "malang.wasantara.net.id" (apabila ISP Anda Wasantaranet Malang).
Hal ini berarti Anda masih belum terkoneksi dengan server di ISP Anda, atau Anda belum mendapatkan IP Address. Lakukan dial lagi dan tunggu sampai muncul tulisan "My IP Address ...... ".
6. Could not connect to "202.159.64.195" (apabila ISP Anda Wasantaranet Malang).
Hal ini berarti Anda masih belum terkoneksi dengan server ISP Anda, atau Anda belum mendapatkan IP Address. Nilai 202.159.64.195, tergantung dari setting pop account Anda, misalnya setting pop account Anda indohacker@thepentagon.com, maka tulisan yang muncul " Could not connect to "thepentagon.com"
Untuk mengatasinya, lakukan dial lagi dan tunggu sampai muncul tulisan "My IP Address ...... ". Baru setelahnya Anda bisa menggunakan Eudora untuk mengambil surat maupun mengirim surat.
Catatan: Apabila Anda menggunakan Internet Mail dan mengalami masalah seperti di atas, Anda bisa mengubah setting Internet Mail dengan memilih menu Message, dan menu Option (Gambar 10.a). Apabila Anda menggunakan Netscape Mail, ubah setting dengan memilih menu Options, kemudian menu Mail and News Preferences (Gambar 10.b).
Untuk Netscape/Internet Explorer
Apabila Anda menggunakan Netscape (Gambar 11) atau Internet Explorer (Gambar 12), mungkin Anda pernah menghadapi problem di bawah ini:
1. Can not find winsock.dll
2. Pesan ini berarti Anda belum membuka TCPman/Trumpet Winsock. Untuk mengatasinya, tutup dulu Netscape yang Anda panggi, kemudian panggil Trumpet Winsock, lalu bukalah Netscape. Sebelum memanggil Trumpet Winsock Anda harus terlebih dulu menghidupkan modem (apabila Anda menggunakan modem eksternal).
- Unable to locate server or the server doesn't have DNS Entry.
a. Hubungan telepon terputus. Periksa apakah hubungan telepon terputus; untuk modem eksternal periksa jumlah lampu indikator modem yang menyala, apabila hanya dua lampu yang menyala berarti telepon Anda putus.
c. Anda salah mengetikkan URL (Uniform Resource Locator) atau lokasi home page. Coba Anda ketikkan lokasi yang benar.
d. Link ke luar atau hubungan ke luar negeri (Internet ) dari ISP Anda terputus. Untuk memeriksanya bisa
digunakan program ping, ketikkan ping xxxx (xxxx adalah alamat yang akan dicek, misalnya ping www.geocities.com). Jika Anda mengetahui IP address home page yang akan dilihat, isikan IP address home page tersebut, misalnya ping 192.168.132.11, sehingga Anda bisa melihat apakah bisa koneksi ke Internet atau tidak. Seandainya Anda tidak mempunyai program ping, coba buka sites lain (home page lain).
e. Home page yang Anda hubungi down. Untuk mengeceknya gunakan program ping.
1. Netscape File Execution Error, Can not start than one copy
Pesan ini berarti Anda telah mengaktifkan Netscape, tetapi Netscape tersebut berada di belakang layar. Untuk mengaktifkannya, tekan 'Alt' dan 'Tab' secara bersamaan kemudian lihat apakah ada program Netscape yang sedang aktif. Seandainya tidak tampak, tunggu beberapa saat sampai program Netscape muncul di layar.
- HTTP/1.0 Server Too Busy
Apabila Anda mendapat pesan ini (Gambar 13) berarti server yang Anda kunjungi sedang sibuk, atau lokasi home page yang sedang Anda kunjungi sedang sibuk (di Internet ada beberapa home page, seperti Microsoft, yang ramai sekali dikunjungi orang). Untuk itu sebaiknya Anda mencobanya sekali lagi.
- The requested URL could not be retrieved.
Pesan ini (Gambar 14 dan 15) disebabkan oleh beberapa hal:
a. Server yang Anda kunjungi sedang down.
b. Anda salah menuliskan URL (Uniform Resource Locator) atau alamat home page.
c. Apabila Anda menggunakan proxy, mungkin sekali proxy Anda sedang ada problem. Untuk mengatasinya, hilangkan setting proxy Anda, dengan cara:
- Pada Internet Explorer, pilihlah menu View-Option-Connection. Kemudian klik Setting, pilih Don't Use Proxy Server (Gambar 20).
- Pada Netscape Navigator, pilih menu Option-Network Preferences. Kemudian pilih Proxies (Gambar 21).
- Fatal Error 500
Pesan ini (Gambar 16) antara lain disebabkan oleh:
a. Apabila Anda menggunakan proxy, kemungkinan proxy Anda sedang mengalami masalah. Untuk mengatasinya Anda bisa menghilangkan proxy dengan cara
- Pada Internet Explorer, pilihlah menu View, kemudian Option, lalu Connection, kemudian klik Setting, pilih Don't Use Proxy Server (Gambar 20).
- Pada Netscape Navigator, Anda harus memilih menu Option, kemudian Network Preferences, lalu Proxies (Gambar 21).
b. Kemungkinan Anda salah mengetikkan lokasi home page. Untuk mengatasinya, ketikkan lokasi home page dengan benar, perhatikan huruf besar dan kecilnya.
c. Kemungkinan lain, URL yang akan Anda lihat tidak ada, atau dalam keadaan down.
- Error
Pesan ini (Gambar 17) disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:
a. Server yang Anda kunjungi sedang down.
b. Anda salah menuliskan URL (Uniform Resource Locator) atau alamat home page.
c. Apabila Anda menggunakan proxy, mungkin sekali proxy Anda sedang ada problem.
- HTTP/1.0 403 Access Forbidden
Pesan ini berarti Anda tidak diperkenankan mengakses data-data yang ada di dalam server homepage yang Anda kunjungi. Biasanya ini dilakukan untuk kepentingan sekuriti saja (Gambar 18).
- Not Found
Troubleshooting pada Modem
Beberapa masalah yang mungkin Anda hadapi saat menggunakan Internet adalah:
1. Modem tidak bisa koneksi melalui line ke modem lain.
Pemecahannya:
a. Periksa koneksi antara modem dengan kabel telepon.
b. Coba koneksikan telepon ke jack telepon Anda untuk memeriksa nada dial.
c. Periksa koneksi antara modem dengan komputer dengan menggunakan software Modem Doctor (Gambar 22).
Modem Doctor sangatlah mudah digunakan, dan tampilannya sangat sederhana (Gambar 23). Untuk mendapatkan software ini Anda bisa mengambilnya di http://www.geocities.com/CapeCanaveral/Lab/1985/modemd60.exe.
2. Modem tidak bisa koneksi ke komputer.
Pemecahannya:
a. Periksa apakah setting port serialnya sudah benar.
b. Gunakan software Modem Doctor untuk membuktikan atau mencari letak kerusakan atau masalaha.
c. Coba ganti kabel modem dengan kabel modem yang bagus dan tidak rusak.
3. Lampu modem tidak menyala
Pemecahannya:
a. Periksa apakah power modem sudah terhubung ke jala-jala listrik.
b. Periksa tegangan listrik di rumah Anda, apakah telah terjadi penurunan tegangan listrik.
Apabila lampu masih tetap tidak mau menyala setelah dilakukan pemeriksaan seperti di atas, segera bawa modem ke tempat servis modem.
4. Modem terputus sendiri (disconnect) pada saat online.
Pemecahannya:
a. Periksa apakah telah terjadi putus hubungan antara modem dan komputer.
b. Periksa apakah telah terjadi putus hubungan antara modem dan kabel telepon.
c. Telah terjadi noise pada line atau interferensi yang mungkin disebabkan oleh interferensi dengan sinyal modem. Coba ulangi koneksi lagi, dengan mendial ulang nomor yang akan dihubungi.
5. Lampu RD dan/atau lampu SD pada modem menyala atau berkedip.
Hal ini berarti modem mungkin sedang menerima transmisi dari komputer Anda atau bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada kabel modem.
Pemecahannya:
a. Matikan modem.
b. Putuskan hubungan modem ke kabel komputer.
c. Hidupkan modem kembali.
Apabila dihidupkan kembali, modem akan melakukan "self test", dan lampu RD dan lampu SD dalam keadaan mati. Apabila satu atau kedua lampu RD dan SD tersebut hidup (on), modem mungkin telah mengalami kerusakan, dan sebaiknya Anda segera bawa ke tempat servis modem.
6. Lampu CD atau lampu OH pada modem menyala pada saat tak ada hubungan.
Apabila setelah Anda telah melakukan pemutusan hubungan, lampu CD atau lampu OH masih tetap menyala, segera bawa atau hubungi tempat servis modem.
0 komentar:
Posting Komentar