Sabtu, 30 April 2011

Keylogger | Konsep dan Penggunaan-nya

Spy Sofware) adalah sebuah program tersembunyi yang difungsikan untuk memonitor setiap aktifitas penggunaan tombol keyboard. Keylogger sangat berhubungan dengan pencurian password. Salah satu teknik hacking yang banyak digunakan untuk mengambil alih data-data rahasia pada komputer seseorang tanpa izin otoritas pemilik komputer (administrator).
 
Bagaimana Keylogger bekerja?
Keylogger berjalan secara background (tersembunyi) tanpa diketahui pemilik komputer. Sesaat setelah keylogger diinstalkan di komputer, program akan berjalan setiap komputer restart dan sulit untuk terdeteksi. Anti virus kadang kala juga tidak mampu mendeteksi karena keylogger memang bukan didesain berbentuk virus.

Apabila keylogger telah berjalan, software ini akan memonitor setiap aktifitas tombol keyboard yang ditekan, kemudian menyimpannya dalam bentuk log (laporan) yang hanya dapat dilihat oleh orang yang menginstalkan keylogger. Keylogger akan menampilkan program atau alamat situr yang dibuka kemudian tombol apa yang diketikkan.

Jenis-jenis keylogger

Berdasarkan penggunaanya, keylogger terdiri dari dua jenis. Keylogger local yang hanya bekerja pada komputer local dan keylogger remote; keylogger yang dapat memonitor komputer dalam jaringan.

Keylogger yang berjalan di komputer local biasanya hanya terdiri dari program tunggal yang diinstalkan pada komputer local. Keylogger ini akan memonitor semua aktifitas tombol keyboard yang digunakan.

Kelemahanya, karena keylogger jenis ini hanya digunakan pada komputer local, maka laporan tombol yang direkam tidak dapat dilihat dari komputer lain/remote.

Sedangkan keylogger remote dapat memonitor komputer lain dalam sebuah jaringan. Keylogger jenis ini biasanya teridiri dari dari dua file. File installer pertama diinstalkan di komputer server untuk memonitor dan file installer kedua diinstalkan di komputer client (komputer korban). Metode menginstalkan file kedua ini ada beberapa cara. Yang paling populer adalah menggunakan trojan. Sehingga program dapat terinstal dengan sendirinya seperti layaknya virus komputer.

Berdasarkan fisiknya, selain berbentuk software, Keylogger tersedia juga dalam bentuk hardware atau dikenal dengan nama Hardware Keylogger. Keylogger jenis ini biasanya dipasang secara seri dengan keyboard. Kelebihan Hardware keylogger yang digunakan oleh banyak perusahaan keamanan dunia adalah mampu menyimpan setidaknya 2 milyar data ketikan atau menyimpan memory ketikan selama 5 tahun.

Pemanfaatan Keylogger
Seperti kebanyakan program komputer lainnya. Keylogger awalnya digunakan untuk memonitor komputer client dalam jaringan. Namun selanjutnya kemampuan keylogger banyak digunakan untuk menyadap komputer orang lain dan mencuri informasi-informasi penting seperti username dan password e-mail, login account, kartu kredit, dll.

Perkembangan Keylogger
Perkembangan keylogger terutama software keylogger cukup melesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya perusahaan-perusahaan yang khusus menyediakan Software keylogger dengan kualitas terbaik. Lihat saja seperti SniperSpy, Comm- Logger, NetLogger Pro, Remote Logger, dll. Bayangkan jika keylogger ini sengaja dimanfaatkan untuk melakukan tindakan pencurian.
Selanjutnya, keylogger secara cerdas juga terintegrasi dengan badware yang secara sengaja disebarkan, seperti virus, trojan, spyware, adware, dll. Jadi anda juga harus ekstra hati-hati jika komputer terinfeksi virus, trojan, spyware atau sejenisnya, bisa saja semua program jahat tersebut menginstalkan client keylogger sehingga aktifitas anda juga dapat dimonitor secara real time.

Kesimpulan:
Tujuan awal pembuatan keylogger sebenarnya untuk hal-hal kebaikan, yakni memonitor aktifitas jaringan untuk melihat log keyboard yang diketikan. Dengan adanya keylogger administrator dapat mengetahui kronologis aktifitas yang telah dilakukan untuk digunakan jika terjadi laporan kesalahan.

Tingkat selanjutnya keylogger digunakan untuk mencuri data-data berharga seperti username dan password. Tindakan ini dapat kita cegah dengan memaksimalkan kerja antivirus dan antispyware sebagai benteng pertahanan pertama komputer dari serangan program-program jahat dari luar. Pencegahan selanjutnya dapat dilakukan dengan memfilter program-program aneh yang akan diinstal di komputer. Pastikan software yang anda peroleh berasal dari sumber terpercaya. Karena software warez umumnya terintegrasi badware yang bisa saja berupa keylogger untuk memonitor aktifitas yang dilakukan.

0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket

Join Us !

 
Design by Robby Andrean | Kaskuser robbie.us - Regional Samarinda, KALTIM PUSAMANIA | Copyright © 2011 INDONESIA BLOGGER