Jumat, 03 Juni 2011

Komputer

HARDWARE
Hardware merupakan salah satu elemen dari komputer, yaitu suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras. Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemrosesan, maupun perangkat keluaran.

Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.


@ Central Processing Unit (CPU)

CPU merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena merupakan otak dari komputer tersebut. CPU atau sering juga disebut microprosessor atau processor merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer. Karena itu, kinerja sebuah komputer sangat tergantung kepada kinerja dari CPU-nya. CPU mempunyai dua bagian yang dibedakan berdasarkan fungsi operasionalnya, yaitu Arithmetical logical Unit (ALU) dan Control Unit (CU).

Arithmetical logical Unit berfungsi sebagai pusat pengolah data, seperti perhitungan-perhitungan matematika, Dan Control Unit berfungsi sebagai pengontrol kerja komputer. Mengontrol kerja komputer adalah mengatur urutan proses-proses yang dilakukan di komputer.

Kecepatan kinerja sebuah CPU diukur dengan satuan hertz. Saat ini, cpu yang digunakan di komputer-komputer sudah mencapai kecepatan Giga Hertz (1 Giga Hertz = 1.000.000 Hertz). Semakin tinggi kecepatan sebuah CPU, semakin bagus kinerjanya. Tentu saja, harganya juga semakin mahal.

Saat ini, CPU yang beredar di pasaran Indonesia didominasi oleh merek Pentium yang dikeluarkan oleh perusahaan Intel. Merek lain yang juga cukup terkenal adalah AMD ( Advanced Micro Devices). Kedua merek ini pun terus berinovasi untuk terus mengungguli perusahaan lainnya.

Perkembangan kecepatan prosessor sangat cepat. Pada tahun 1993 Intel mengeluarkan Pentium dengan kecepatan 133 Mhz. Namun pada Tahun 2006 kecepatan prosessor Pentium untuk seri Pentium IV telah mencapai 3,6 Ghz. Ini berarti kecepatan prosessor meningkat dalam kurun waktu 13 Tahun.

@ Memori

Memori adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh prosessor. Informasi tersebut dapat berisi perintah-perintah maupun data-data. Sebagai tempat penyimpanan, memori mempunyai ruang-ruang penyompanan dimana masing-masing ruangan penyimpanan tersebut mempunyai alamat sendiri yang berupa nomor –nomor yang menunjuk lokasi tertentu di memori.

Memori terbagi menjadi dua, yaitu memori internal yang disebut dengan RAM (Random Access Memory) dan memory eksternal yang disebut dengan ROM (Read Only Memory).



RAM (Random Access Memory)

RAM adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan. Perintah dan data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program. Satuan ukuran kemampuan sebuah memori untuk menyimpan informasi disebut byte.



ROM (Read Only Memory)

ROM digunakan untuk menyimpan perintah dan data-data secara tetap. Sesuai dengan namanya, komputer hanya dapat membaca data dan perintah yang terdapat di ROM. Komputer tidak dapat mengubah data dan perintah yang tersimpan di ROM. Perintah-perintah yang disimpan didalam ROM merupakan perintah tetap yang dibutuhkan oleh komputer. Misalnya saja perintah-perintah dijalankan saat pertama kali komputer dihidupkan. Perintah-perintah tersebut diisikan oleh pabrik komputer pada saat komputer itu dibuat.

@ Media penyimpanan

Komputer mempunyai berbagai media penyimpanan tetap dengan berbagai sifat, kelebihan, dan kekurangannya. Kelebihan dan kekurangan tersebut dilihat dari sisi kapasitas penyimpanan, mobilitas, kecepatan akses, kemampuan menghapus dan menulis data, begitu juga harga. Contoh-contoh media penyimpanan diantaranya yaitu sebagai berikut :


Harddisk

Harddisk merupakan media penyimpanan dengan media penyimpanan dengan kapasitas paling besar. Setiap komputer pasti mempunyai harddisk (kecuali beberapa komputer dengan sistem networking). Harddisk digunakan dengan tujuan sebagai tempat penyimapnan data yang digunakan untuk satu komputer. Oleh karena itu harddisk tidak dapat dipindah-pindah dari satu komputer ke komputer yang lainnya, kecuali kita ingin membongkar perangkat yang terdapat di dalam komputer. Akses data ke harddisk adalah yang tercepat dibandingkan ke tempat penyimpanan yang lain.


Disket

Disket atau sering juga disebut dengan 3½ floppy drive digunakan untuk menyimpan data sebagaimana halnya dengan harddisk. Perbedaannya, disket hanya mapu menyimpan data sampai 1,44 MB selain itu kecepatan aksesnya datanya pun lambat. Seiring dengan kemajuan zaman, penggunaan disket sudah semakin jarang ditemukan. Disket dapat dibaca dengan alat yang bernama disk drive.



Flash drive

Flash drive adalah media penyimpanan seperti disket, namun kapasitas penyimpanannya lebih besar, akses datanya pun hampir sama dengan harddisk. Flash drive dihubungkan dengan komputer melalui port Universal Serial Bus atau yang lebih dikenal dengan USB. Selain digunakan untuk menyimpan dan memindahkan data, sekarang ini flash drive juga sering digabungkan dengan MP3 Player.


CD-ROM, CD-R, CD-RW, DVD, DVD-RW

Yaitu media penyimpanan yang berupa kepingan CD, harganya relatif murah, kapasitas penyimpanannya pun cukup besar mulai dari 700 MB (untuk CD) sampai dengan 3 GB (untuk DVD), namun aksesnya sedikit lebih lambat dibandingkan harddisk atau flash disk. Untuk dapat membaca dan menuliskan data, media penyimpanan ini membutuhkan perangkat yang disebut dengan CD drive ataupun DVD drive.


@ Motherboard

Motherboard atau sering disebut dengan mainboard merupakan perangkat komputer yang sering merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat perangkat-perangkat lain, seperti prosessor, memori VGA card, Sound card dan LAN card. Setiap perangkat memiliki slot tersendiri yang memungkinkan perangkat tersebut melekat di motherboard.

Selain dilengkapi dengan slot-slot, motherboard juga dilengkapi dengan jalur-jalur koneksi yang memungkinkan perangkat-perangkat komputer berkomunikasi satu sama lainnya.

Biasanya, motherboard didesain untuk digunakan oleh prosessor tertentu. Sehingga motherboard yang didesain untuik prosesor Intel tidak akan dapat digunakan untuk prosessor AMD, demikian juga sebaliknya.

@ VGA Card

VGA card adalah peralatan konmputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar. VGA Card memungkinkan data-data dalam bentuk ditampilkan dalam bentuk digital ditampilkan dalam bentuk gambar di layar monitor.

Secara fisik, VGA Card merupakan kartu elektronik yang dipasangkan pada slot yang terdapat pada motherboard. Kemudian pada salah satu sisi VGA card dilengkapi dengan plug untuk memasangkan kabel yang dihubungkan dengan monitor komputer.

Selain dalam bentuk kartu elektronik yang dipasangkan pada slot motherboard, ada juga beberapa motherboard yang telah dilengkapi dengan VGA Card (Built-in). Namun, resikonya adalah jika salah satu komponen itu rusak (VGA Card atau Motherboard) maka kita harus mengganti keduanya.

@ Sound Card

Sound card adalah peralatan konmputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Sound card memungkinkan data-data suara seperti lagu yang tersimpan di komputer dapat didengar melalui perangkat keluaran (speaker atau headset).

Secara fisik , sound card merupakan kartu elektronik yang dipasangkan pada slot yang terdapat pada motherboard, dan pada sisi belakang sound card terdapat plug untuk memasangkan kabel yang menghubungkannya ke perangkat input (microphone) dan output suara (speaker atau headset)

Kita harus menginstall software drivernya terlebih dahulu agar Sound card dapat dikenal oleh komputer. File-file driver tersebut akan memberi tahu sistem operasi, sehingga sound card dapt bekerja dengan baik. Seperti halnya VGA card, Selain dalam bentuk kartu elektronik yang dipasangkan pada slot motherboard, ada juga beberapa motherboard yang telah dilengkapi dengan Sound Card (Built-in). Namun, resikonya adalah jika salah satu komponen itu rusak (Sound Card atau Motherboard) maka kita harus mengganti keduanya.

PERANGKAT INPUT
Perangkat input adalah perangkat komputer yang digunakan untuk memasukkan perintah dan data yang akan diproses oleh program atau komputer. Semakin banyak berkembangnya teknologi informasi maka semakin banyak peralatan input yang dapat kita hubungkan ke komputer.

Keyboard

Keyboard adalah papan elektroniik yang berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi komputer. Masing-masing tombol mempunyai fungsi-fungsi tertentu.

Mouse

Mouse yaitu alat kecil yang menyerupai tikus yang dapat digunakan dengan satu tangan, mouse berfungsi untuk menunjukkan letak pointer serta memilih, menjelajahi, dan , menjalankan sebuah perintah. Mouse mempunyai sebuah pointer yang akan bergerak sesuai dengan gerakn bola kecil yang terdapat di dalam mouse, namun untuk saat ini fungsi bola tersebut sudah banyak digantikan dengan cahaya inframerah.

Touch pad, Pointing stick, dan Track ball
Touchpad, pointing stick, dan track ball adalh peralatan input komputer yang mempunyai fungsi yang sama dengan mouse, namun peraltan ini lebih sering di apikasikan pada laptop/notebook.

Joystick
Joystick adalah peralatan yang digunakan untuk emnjalankan program game di komputer, menggerakkan gambar atau kursor tertentu dalam layar monitor.

Scanner
Scanner digunakan untuk memindai foto atau gambar yang sudah dicetak. Hasil dari proses scanning tersebut adalah sebuah file gambar. Namun dengan bantuan aplikasi khusus seperti Omni pages, kita bisa memindai teks sehingga hasil gambar yang dihasilkan oleh scanner dapat diubah menjadi file dokumen untuk selanjutnya dapat diedit di program pengolah kata.

Light pen
Light pen adalah alat yang bentuknya mirip pulpen, digunakan untuk memasukkan data dalam bentuk grafik ke dalam komputer. Data dimasukkan dengan cara melukiskan pena pada suatu media.

Peralatan multimedia
Dengan kemajuan teknologi multimedia saat ini, kita dimungkinkan untuk menghubungkan beberapa peralatan multimedia seperti : kamera digital, handycam, perekam suara digital ke komputer. Hasil dari peralatan multimedia inilah yang nantinya akan menjadi input bagi komputer. Kita dapat menghubungkan peralatan multimedia ini dengan kabel USB ataupun card reader (pembaca kartu).

PERANGKAT OUTPUT
Perangkat output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer merupakan hasil dari pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer. Informasi yang diteruskan oleh komputer melalui perangkat output dapat berupa tampilan di layar hasil cetakan, suara, dan sebagainya.

Monitor

Monitor merupakan alat keluaran yang memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer. Monitor dapat menampilakan pesan, informasi, ataupun meminta masukan kepada pengguna. Komputer membuat tampilan teks, bilangan atau gambar dengan cara menggabungkan elemen-elemen yang disebut pixel. Semakin banyak pixels dari sebuah tampilan teks bilangan atau gambar semakin baik tampilannya di monitor. Saat ini monitor terbagi dua, yaitu CRT Monitor dan LCD monitor. LCD monitor memberikan tampilan yang lebih baik kepada pengguan karena tidak menggunakan sinar seperti pada CRT.

Printer

Printer adalah perangkat Output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Printer dihubungkan dengan komputer melalui USB, selain itu printer juga harus dihubungkan dengan arus listrik. Saat pertama kali disambungkan ke komputer, kita harus menginstall software driver printer agar printer itu dapat dikenali oleh komputer. Ketajaman hasil cetakan printer diukur dengan satuan dpi atau dot per inch yaitu banyakknya titik dalam satu inci. Semakin tinggi dpi sebuah printer, maka semakin tajam hasl cetakannya.

Speaker

Speaker adalah perangkat keras untuk menghsailkan suara. Jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone. Kita dapat mendengarkan hasil keluaran berupa suara dari komputer melalui speaker.

0 komentar:

Poskan Komentar

Join Us !

 
Design by Robby Andrean | Kaskuser robbie.us - Regional Samarinda, KALTIM PUSAMANIA | Copyright © 2011 INDONESIA BLOGGER